Cari

Memuat...

Senin, 29 Oktober 2012

Cara Nge-Root Galaxy Young



Apakah anda pengguna Android? Anda pasti pernah menginstal sebuah aplikasi yang tidak dapat anda jalankan di SmartPhone Android anda karena adanya pemberitahuan “Need root access”. Memang beberapa aplikasi Android memerlukan Hak Akses SuperUser, cara paling jitu untuk mendapatkan hak akses tersebut adalah dengan menggunakan Root pada SmartPhone anda. Namun apakah itu Root? Root adalah pemberian akses penuh bagi pengguna Android untuk masuk ke dalam sistem Android. Dalam pengertian lain dikatakan bahwa dengan melakukan Root pada Android anda maka hak akses penuh berada di tangan anda. Dengan begitu anda bisa menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data yang terletak pada sistem Android.

Tertarik? Sebelumnya saya akan menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan dari Root
Kelebihan:
1. Anda akan mendapatkan hak akses SuperUser
          Hal ini bisa menjadikan anda dapat memainkan aplikasi-aplikasi yang memerlukan hak akses SuperUser tersebut. Anda juga akan mendapatkan hak akses penuh.
2. Meningkatkan performance
          Hal ini mungkin tidak bisa anda bayangkan sebelumnya. Kebanyakan orang berkata bahwa “Mengroot Android itu membuat lambat saja”, namun itu salah total. Dengan meng-Root Android anda makan Android anda akan berjalan jauh lebih smooth dibandingkan sebelumnya, terlebih dengan menggunakan script-script yang bisa anda terapkan di Android anda maka kecepatannya pun akan jauh lebih baik.
3. Lebih mengetahui tentang Android
          Dengan dapat mengubah, menambah maupun mengurangi file-file dalam Sistem Android anda dapat mengetahui Android jauh lebih dalam.
Kekurangan:
1. Garansi akan hilang
          Meng-Root Android memang sangat menyenangkan, namun itu juga dapat membuat garansi SuperPhone anda lenyap. Kenapa? Karena anda akan melanggar peraturan-peraturan pabrik yang telah dibuat sedemikian rupa. Jadi berpikirlah dahulu sebelum bertindak.
2. Masalah keamanan pada Android
          Dengan menggunakan Root, anda seolah telah membunuh polisi dalam SmartPhone anda. Karena dengan hal demikian beberapa virus dapat menyelundup pada perangkat Android anda. Namun jangan takut karena PlayStore menyediakan ratusan AntiVirus terbaik.
3. Autis?
          Autis? Memang beberapa orang yang sudah menggukana Root tadi akan sangat terobsesi untuk bisa mengetahui banyak tentang seluk beluk Android. Kenapa dikatakan autis? Karena beberapa orang diantaranya akan kecanduan untuk belajar Android tanpa menghiraukan pekerjaan lainnya. So perhatikan jalan hidup kalian ya sobat!

Sudah mengerti tentang penjelasan tersebut? Mari kita langsung saja menuju cara meng-Root Android. Disini saya akan menggunakan Galaxy Young dengan OS Gingerbread 2.3.6 sebagai bahannya.


Peraturan mainnya:
1. Selalu ingat untuk berdoa kepada Tuhan YME.
2. Kami tidak bertanggungjawab atas kerusakan atau apapun yang terjadi pada Android anda.
Langkah-langkahnya:
1. Download dulu nih bahan pentingnya Update.zip
2. Simpan hasilnya di SD Card paling luar (Tidak dalam folder apapun)
3. Android anda minimal harus sudah diisi battery nya sampai 15%
4. Matikan Android anda sampai benar-benar mati (layarnya hitam, bukan abu-abu)
5. Masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol home button, power button dan volume up bersamaan


Maka munculah Recovery Mode seperti berikut




6. Gunakan Volume Up untuk membuat pilihan naik dan gunakan Volume Down untuk nurunkan pilihan, gunakan Power Button untuk memilih pilihan. Pilih “Apply update from sdcard”


7. Cari file “Update.zip” yang anda simpan tadi, lalu pilih.
8. Tunggu sampai Android anda memprosesnya hingga selesai, jika sudah maka pilih “Reboot System Now”
9. Cari aplikasi bernama SuperUser. Jika berhasil makan aplikasi itu akan ada, namun jika gagal maka aplikasi itu tidak akan ada.

Sekian penjelasan tentang cara meng-Root Android Galaxy Y. Cara ini hanya berlaku untuk

Reaksi:

1 komentar:

  1. saya pengguna galaxy Y kenapa saya login melalui friendcaster kok gagal?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikuti Saya