Cari

Memuat...

Kamis, 08 November 2012

Apa Itu Android Beam (NFC) dan Bagaimana Penggunaannya?


Apa Itu Android Beam (NFC) dan Bagaimana Penggunaannya?

Android Beam

Bagaimana menggunakan Android Beam (NFC) - Android Beam merupakan sebuah fitur canggih yang terdapat pada Android versi 4, Ice Cream Sandwich. Fitur ini hanya dapat berjalan pada smartphone yang sudah support NFC atau Near Field Communication. Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk berbagai file, dapat berupa contact, web pages, video Youtube, maps, hingga aplikasi, dari perangkat ICS satu ke ICS lainnya dalam waktu yang singkat atau bahkan sekejap. Cara kerjanya cukup sederhana. Kita tinggal menyentuhkan dua device ICS secara back-to-back (saling membelakangi) dan kemudian kita tinggal men-tap pada layar device yang digunakan sebagai pengirim. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini:




Bagaimana keren, kan?
Sayangnya fitur seperti ini hanya terdapat pada Android Ice Cream Sandwich dan juga harus pada smartphone yang memiliki chip NFC. Bagi pengguna iPhone atau Blackberry fitur NFC ini sudah hal biasa. Tapi untuk Android, tidak semua ponsel memilikinya. Beberapa smartphone Android yang sudah mendukung NFC antara lain Samsung Galaxy Nexus, Samsung Galaxy S III, dan HTC One.

NFC bekerja menggunakang gelombang radio frequency menggunakan induksi medan magnetik. NFC lebih populer digunakan sebagai alat transaksi pembayaran. Kecepatan transfer data NFC bervariasi mulai 106kbit/s, 212kbit/s, hingga 424kbit/s. NFC ini biasanya berupa chip yang ditanamkan pada kartu atau perangkat smartphone. Bekerja dengan cara didekatkan paling tidak harus dibawah 20 cm. Jika Sobat pernah menonton film Korea, di sana sistem transportasi bus umu juga menggunakan teknologi NFC ini. Penumpang cukup mendekatkan perangkat NFC (biasanya pada smartphone) ke alat khusus dan kemudian data secara otomatis akan tersimpan dalam suatu jaringan khusus disana. Dan ongkos bus akan dipotongkan pada rekening si penumpang. Wiii canggih bukan?

Oke, kembali ke Android Beam. Lalu bagaimana menggunakan Android Beam ini?



PENGGUNAAN ANDROID BEAM (NFC)

1. Pertama tentu Sobat harus yakin terlebih dahulu bahwa smartphone sobat sudah Ice Cream Sandwich dan memiliki fitur NFC. Cara mengeceknya cukup masuk ke menu "Setting" dan cari menu "NFC" kalau tidak ada berarti smartphone sobat tidak dapat digunakan untuk menjalankan Android Beam.

2. Aktifkan fitur NFC dan Android Beam pada smartphone sobat melalui menu "Setting" > "More" > "NFC" di situ terdapat juga setting untuk "Android Beam"

3. Setelah kedua fitur tersebut "on" maka transfer file siap dilakukan. Buka atau pilih apa yang ingin ditransfer (dapat berupa contact, web pages, video Youtube, maps, atau aplikasi).

4. Tempelkan kedua smartphone secara saling membelakangi (tidak harus bersentuhan). Kemudian akan muncul suara atau getaran.

5. Setelah terasa getaran atau terdengar suara maka content dari device pengirim akan mengecil (zoom out).

6. Tap pada layar tersebut. Tunggu beberapa detik dan content sudah berhasil ditransfer ke device penerima.

Untuk aplikasi, Android Beam tidak dapat mentransfer secara langsung. Ketika content yang dikirim adalah berupa aplikasi maka pada device penerima hanya akan diarahkan secara langsung menuju Android Market yang kemudian harus didownload sendiri. But overall fitur Android Beam/ NFC ini sungguh sangat inovatif. Bagi sobat yang sudah memiliki smartphone dengan ICS dan NFC, maksimalkan fitur ini. Transfer file menjadi sangat mudah dan cepat.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikuti Saya